Menulis
aplikasi VB yang akan memungkinkan pemain manusia untuk memainkan permainan
klasik Tic-Tac-Toe melawan komputer.
persyaratan
Aplikasi ini
harus dimulai dengan bentuk yang mengandung unsur-unsur berikut:
- Sebuah
label mengatakan "Selamat datang Tic-Tac-Toe"
- Dua tombol
pilihan tertutup dalam bingkai. Keterangan untuk tombol pilihan harus
"X" dan "O". The keterangan untuk frame harus "Pilih
'X' atau 'O' dan klik OK".
- Sebuah
tombol perintah dengan judul "OK".
Ketika
pengguna mengklik OK, keluar dari formulir ini dan menampilkan bentuk utama
(papan permainan).
Pada awal
setiap permainan, aplikasi harus memilih siapa yang harus pergi dulu secara
acak, dan menampilkan pesan yang tepat kepada pengguna di kotak pesan (baik
"Kau duluan saat ini." Atau "Kali ini, aku akan pergi dulu.
")
Papan
permainan harus dibentuk dengan array kontrol label diindeks 0 sampai 8. Ketika
seorang
pemain mengklik salah satu label yang tersedia, "X" atau
"O" (tergantung pada
seleksi awal
pengguna) akan muncul dalam label tersebut. Kemudian komputer harus
bergerak
nya.
Ketika
program mendeteksi menang, garis harus ditarik melalui "tiga
berturut-turut". Jika pemain menang, pesan "ANDA MENANG!" harus
flash di seluruh papan permainan, jika komputer menang, pesan "ANDA
KALAH!" (atau "Saya MENANG!" atau "KOMPUTER menang!")
harus flash di papan permainan. Jika pertandingan berakhir dengan seri, pesan
"'S IT TIE A!" harus flash di papan permainan. (Petunjuk:. Untuk
mendapatkan pesan berkedip, gunakan label dalam hubungannya dengan timer dan
beralih Terlihat properti label on dan off)
Program harus memberikan pilihan
untuk memainkan permainan baru dan untuk berhenti.
Program ini harus menyediakan
menjaga empat hitungan: game yang dimainkan, permainan menang, permainan
hilang, dan permainan terikat. Hitungan ini harus ditampilkan pada formulir.
Penampilan keseluruhan aplikasi harus berselera dan menyarankan
"menyenangkan". Percobaan dengan berbagai warna dan font sampai Anda
mendapatkan cara yang Anda inginkan.
Algoritma Komputer AI
Program Anda harus menerapkan
algoritma berikut untuk mencoba membuat komputer menang:
(1) Periksa papan untuk move yang
menang, dan jika Anda menemukan satu, membuat langkah yang รข € "jika tidak
lanjutkan ke langkah (2).
(2) Periksa papan untuk melihat
apakah lawan memiliki move yang menang, dan jika demikian, pilih persegi itu
untuk memblokir, jika tidak lanjutkan ke langkah (3).
(3) Jika pusat alun-alun yang
tersedia, pilih, jika tidak lanjutkan ke langkah (4).
(4) Jika Anda sudah menduduki pusat
alun-alun, dan persegi sisi tersedia, mengambil persegi sisi, jika tidak
lanjutkan ke langkah (5).
(5) Jika sudut persegi yang
tersedia, kemudian mengambil itu, kalau tidak, mengambil alun-alun yang
tersedia berikutnya.
Catatan: Bila algoritma di atas
diimplementasikan, adalah mungkin untuk pemain pintar untuk mengalahkan
komputer jika pemain mampu pergi dulu. Jika Anda beralih langkah (4) dan (5),
hal itu tidak mungkin bagi seorang pemain untuk menang; yang terbaik yang
mereka bisa lakukan adalah mengikat.
Tic-Tac-Toe (screenshot dari versi
saya dari solusi)
Download solusi untuk project di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar